Bumil, Ketahui Manfaat Birthing Ball Berikut Ini

0
48

Merasa nyaman semasa hamil, persalinan, hingga setelah melahirkan tentu menjadi harapan bagi semua ibu hamil. Nah, untuk mewujudkannya Bumil bisa rutin menggunakan birthing ball. Untuk mengetahui manfaatnya lebih jauh, yuk, simak artikel ini.

Birthing ball merupakan bola berbahan dasar lateks yang menyerupai gym ball, tapi ukurannya lebih besar dengan tinggi kira-kira 65–75 cm. Birthing ball dirancang agar tidak licin ketika digunakan di lantai, sehingga cukup aman digunakan oleh ibu hamil.

Bumil bisa memanfaatkan birthing ball mulai dari masa kehamilan hingga pascamelahirkan. Dengan menggunakan bola ini, Bumil bisa lebih bugar saat hamil, siap untuk menjalani persalinan, dan lebih rileks setelah melahirkan.

Manfaat Birthing Ball Selama Masa Kehamilan

Di masa kehamilan, Bumil bisa menggunakan birthing ball saat usia kandungan memasuki trimester ketiga. Pada usia kehamilan ini, ukuran janin yang semakin membesar dapat menekan pembuluh darah dan saraf pada area panggul serta punggung. Hal ini kerap membuat Bumil merasakan nyeri pada area tersebut.

Birthing ball bisa Bumil gunakan untuk menggantikan kursi biasa dan untuk berolahraga. Duduk menggunakan birthing ball di trimester ketiga kehamilan bisa jadi lebih nyaman untuk Bumil. Bola ini juga memudahkan Bumil saat beranjak untuk berdiri.

Duduk di atas birthing ball juga akan membuat Bumil menjaga posisi duduk yang tegak. Posisi ini juga termasuk olahraga, lho. Rutin melakukannya dapat menguatkan otot perut dan punggung dan memperbaiki postur, sehingga nyeri punggung bisa berkurang dan tubuh lebih siap untuk melakukan persalinan.

Selain itu, gerakan mengayun-ayunkan panggul sambil menggunakan birthing ball selama kehamilan juga terbukti dapat membantu mempertahankan posisi bayi dalam kandungan dan memperbaiki posisi bayi sungsang.

Manfaat Birthing Ball Saat Proses Persalinan

Birthing ball merupakan salah satu barang yang akan sangat berguna saat persalinan. Jika Bumil memiliki birthing ball, jangan lupa membawa bola ini ke tempat bersalin, ya.

Sembari menunggu waktu bersalin, Bumil bisa mengisi waktu dengan latihan menggunakan bola ini. Ini dia manfaat birthing ball saat proses persalinan:

  • Membantu Bumil mendapatkan posisi yang nyaman saat persalinan.
  • Mengurangi nyeri saat persalinan.
  • Mengurangi rasa sakit akibat kontraksi.
  • Mengurangi rasa cemas saat menunggu persalinan.
  • Membantu membuka panggul, sehingga memudahkan janin turun ke jalan lahir.

Namun, manfaat birthing ball saat persalinan tidak hanya itu. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan birthing ball yang rutin sejak kehamilan dapat mempercepat proses persalinan, mengurangi penggunaan suntik bius epidural, dan mengurangi risiko operasi caesar.

Manfaat Birthing Ball Pascapersalinan

Pascapersalinan, mungkin Bumil akan merasa kurang nyaman untuk duduk di kursi karena adanya luka jaitan di vagina dan perineum. Untuk mengatasinya, birthing ball bisa Bumil gunakan untuk duduk kapan pun, misalnya sambil menonton televisi, makan, atau bersantai.

Bumil juga bisa duduk di bola ini sembari menyusui atau mengendong Si Kecil yang sedang rewel. Namun pastikan, Bumil selalu berhati-hati dan selalu menjaga keseimbangan, ya.

Itulah manfaat birthing ball yang bisa Bumil peroleh di masa kehamilan, saat proses persalinan, hingga setelah melahirkan. Untuk mendapatkan manfaat birthing ball dengan maksimal, Bumil disarankan untuk melakukan latihan dengan bola ini sekitar 1–1,5 jam setiap hari selama kehamilan.

Namun, perlu Bumil ingat bahwa birthing ball umumnya terbuat dari bahan lateks. Jika alergi terhadap bahan ini, Bumil perlu berhati-hati dan lebih teliti saat membeli produk birthing ball.

Jika Bumil memiliki pertanyaan terkait birthing ball atau cara penggunaannya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memberikan saran yang tepat sesuai dengan kebutuhan Bumil.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here